DEFINISI DAN PENGERTIAN NELAYAN

Image
Definisi Nelayan Definisi nelayan sudah pernah dijelaskan DISINI Nelayan (uu no.45/2009 - perikanan) artinya orang yg mata pencahariannya melakukan penangkapan ikan. Perkembangan Deskripsi Nelayan Telah lama berubah ubah. Perubahan tentang pengertian inilah sehingga profesi tentang nelayan semakin banyak pekerjaannya. Deskripsi Nelayan (baku statistik perikanan) ialah orang yg secara aktif melakukan pekerjaan dalam operasi penangkapan ikan/hewan air lainnya/tanaman air. Baca juga ; POTENSI SDA KELAUTAN INDONESIA Definisi Nelayan (fao-tgrf) artinya orang yang turut mengambil bagian pada penangkapan ikan dari suatu kapal penangkap ikan, dari anjungan (alat menetap atau indera apung lainnya) atau berasal pantai. Orang yg melakukan pekerjaan seperti membentuk jaring, mengangkut indera-indera penangkapan ikan ke dalam perahu atau kapal motor, mengangkut ikan berasal perahu atau kapal motor, tidak dikategorikan menjadi nelayan (departemen kelautan serta perikanan,2002). Nelay

Sejarah Perkembangan Kapal Nelayan Bangsa-bangsa Di Dunia

Perkembangan Kapal Nelayan Dunia

Kapal nelayan Dengan 2 layar.
Kapal nelayan Dengan 2 layar.

Kapal Herring Buss

Gambaran Kapal Herring Buss
Gambaran Kapal Herring Buss

Bangsa Belanda membuat kapal penangkap ikan herring yang menjadi blueprint (cetakan biru) bagi pembangunan kapal penangkap ikan di Eropa. Nelayan Belanda menggunakan Kapal Herring Buss hingga abad ke 19. Kemungkinan Kapal jenis ini pertama kali dibuat di Hoorn sekitar tahun 1415 dan terakhir dibuat di Vlaardingen tahun 1841. Ukuran panjang kapal ini mencapai 20 meter dan relocation antara 60 hingga 100 ton. Di kapal ini terdapat jaring insang yang digunakan untuk menangkap herring dengan cara jaring ditarik di malam hari oleh 30-an nelayan. Hasil tangkapannya kemudian difermentasikan dan digaramkan di drum kayu di atas kapal.

Kapal Dogger Bank

Kapal Dogger Bank
Kapal Dogger Bank

Bangsa Inggris membuat kapal dogger pada abad ke 17 yang merupakan kapal pukat dan rawai pertama dan beroperasi di laut utara. Nama dogger yang berarti "kapal pukat" diambil dari bahasa Belanda. Kawasan tempat menangkap ikan dengan pukat dinamakan dogger bank oleh orang Belanda. Dogger tergolong kapal yang lambat tapi tangguh dan mampu menaklukkan Laut Utara yang terkenal memiliki cuaca yang ekstrim. Kapal ini memiliki lebar 4,5 meter dengan panjang 15 meter, draft 1,5 meter, dan relocation 13 ton. Perlu diketahui bahwa kapal ini membawa 1 ton umpan, setengah ton makanan, kayu bakar dan 3 ton garam, serta kembali dengan 6 ton ikan hasil tangkapan.

Kapal Dory

Kapal Dory
Kapal Dory

Dory adalah perahu kecil dengan draft yang dangkal, biasanya panjang kapal ini hanya 5 hingga 7 meter. Pinggir kapal Dory ini yang relatif tinggi, dasar lambung yang rata, dan haluan yang tajam, serta bentuk kapal ini sederhana sehingga lebih mudah dibuat. Pertama kalinya Dory muncul di pemukiman nelayan di New England sekitar awal abad ke-18. Sesungguhnya Dory adalah adaptasi dari perahu bateau Prancis yang digunakan di Sungai Saint Lawrence pada tahun 1.600-an. Penghubung generasi antara bateau dan dory perahu pantai Wherry. Desain Dory juga diperkirakan dipengaruhi oleh beberapa jenis perahu yang terdapat di Inggris, Prancis, Italia, dan Belgia yang terlihat mirip dengan Dory.
Kapal nelayan Dory ini pertama kali muncul pada tahun 1830-an, dengan desain untuk ditumpuk satu sama lain agar memudahkan penyimpanan. Para nelayan menggunakan perahu jenis ini agar mudah dibawa ke tengah laut dalam jumlah yang banyak untuk menangkap ikan yang lebih banyak.

Kapal nelayan yang semakin berkembang
Kapal nelayan yang semakin berkembang

Pada abad ke-19, kapal pukat layar dengan desain yang lebih efektif dikembangkan di pelabuhan penangkapan ikan Brixham, Inggris. Desain ini menyebar hingga ke seluruh dunia hingga mempengaruhi perancangan kapal nelayan di berbagai tempat. Pada tahun 1890-an terdapat 300 kapal pukat jenis ini di pelabuhan tersebut. Beberapa kini telah dipensiunkan.

Sejumlah kapal dan perahu nelayan tradisional masih digunakan di negara berkembang dengan garis pantai dengan perikanan yang produktif dan panjang. Di Indonesia sendiri terdapat sekitar 700 ribu perahu nelayan, dengan setengahnya tidak memiliki mesin dan  seperempat diantaranya berupa kano. Filipina juga memiliki jumlah yang hampir sama, sebagian merupakan perahu dengan lambung yang sempit dan memiliki "sayap". Perahu ini dinamakan dengan Jukung atau Banca dalam bahasa Filipina.

Popular posts from this blog

Mengenal Beragam Jenis Kapal Nelayan

DEFINISI DAN PENGERTIAN NELAYAN

Mengenal lebih jauh tentang ikan Tuna